Kamis, 13 Agustus 2009

Sekilas Tentang Baso Tomat

-------------------------------------------------------------------------------------

Siapa yang tak kenal Baso (untuk selanjutnya ditulis bakso), makanan cepat saji yang mengenyangkan yang konon berasal dari negeri China, dan kemudian diterima dan berkembang di negara kita. Makanan jenis ini memang tidak mengenal musim, batas usia dan jenis kelamin. Musim hujan enak makan bakso, hangat dan mengenyangkan, musim kemarau lezat makan bakso, segar sambil keringetan... :). Dari anak-anak sampe orang tua, semua bisa menikmatinya.

Adalah ide dari sang owner, Yusdi Ghozali, bakso tomat ini lahir ke dunia. Dengan serangkaian percobaan untuk membuat bermacam varian bakso, dari bakso anggur, strowberry, keju, telur, wortel, dan lain-lain, maka lahirlah jargon baso tomat yang diandalkan sang maestro... ini karena perpaduan rasa yang khas, bakso citarasa tomat, tomat isi bakso, asem-asem empuk, sesuai selera lidah masyarakat kita. Lahir di Bandung sekitar pertengahan 2007 silam, bakso varian ini cepat dikenal di kalangan para pecinta kuliner, karena bersifat unik dan memiliki citarasa yang khas.... nah lho... berani mencoba?

Tutur Yusdi, pria kelahiran Pekalongan 30 tahun silam, ide membuat dan berdagang bakso awalnya karena ingin memanfaatkan ruang kosong di rukonya yang berada di sekitar terminal Cicaheum, Bandung. Saat itu, jiwa wirausaha yang kuat membuatnya terus berfikir untuk memanfaatkan lahan kosong tersebut, dan setelah melakukan survey kesana-kemari maka lahirlah ide untuk berdagang bakso. Tak berhenti disitu, alumni Teknik Kimia Universitas Bandung Raya ini ingin membuat dagangannya berbeda dari bakso pada umumnya. "Be different" itu yang ingin ditonjolkannya semula.

Dalam waktu yang relatif singkat, varian bakso tomat, yang juga didampingi varian bakso lainnya yang ia jajakan di komplek ruko Cicaheum Bandung ini dapat diterima oleh masyarakat sekitar, bahkan sampai keluar kota. Gerai bakso Tomat-nya juga pernah menyabet gelar the best out let pada acara Bakso Festival Jajan Tradisional bertemakan "Serbu Serba Kejumooo Bandung – Temukan Keunikan Kuliner diKotamu" yang diselenggarakan oleh PT. Kraft Food Indonesia di Gasibu, Bandung pada 7 Juni 2008 silam. Saat ini, ada 6 gerai bakso tomat di Bandung, 1 di Solo dan 7 di Pekanbaru, dan dalam waktu dekat akan membukai gerainya di Pekalongan.

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar